Kamis, 15 Oktober 2020

 

TIKUS MATI KELAPARAN DALAM GUDANG PADI

Materi              : Tips Menjadi Penulis

Narasumber     : Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd (Bu Kanjeng)

Moderator       : Bu Aam Nurhasanah

Salam Literasi!

Dua minggu yang lalu saya mendapat chanel menuju kebahagiaan karena bertemu tema – teman guru Fisika se-Kabupaten Timor Tengaah Selatan dalam rangka kegiatan berkala MGMP tingkat Kabupaten yang kebetulan saya dipercayakan menjadi sekretarisnya. Sebelum kegiatan dimulai, kami berbincang – bincang antar teman dan hadir pula ketua Kominitas MGMP Fisika Kabupaten TTS (Bapak Abaraham Tefa, S.Pd)

Dalam basa – basi kami, saya simpulkan bahwa beliau sudah bisa disebut penulis karena buku yang ditulis bersama teman – teman sudah terbit dan langsung ditunjukkan pada kami.  Sedangkan buku yang ditulis sendiri masih dalam proses penerbitan. Singkat cerita saya langsung berpikir bahwa mengapa beliau bisa disebut penuli sedangkan saya tidak?

Karena beliaulah saya dapat bergabung dalam sebuah group WA Belajar Menulis Gel. 16 yang beranggotakan guru – guru hebat se-nusantara. Semoga Dalam group ini saya termotivasi untuk mewujudkan impian saya sama seperti Bapak ketua komuitas MGMP kami. Hari demi hari saya selalu membaca kalimat – kalimat motivasi baik melalui WA maupun melalui Blog bapak dan ibu guru hebat tersebut.

Ketika mengikuti pemaparan materi yang dibawakan salah satu Narasumber ternama (Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd) saya merasa bahwa saya dapat melakukan semua yang disampaikan dan bahkan sebagian sudah terlaksana, tetapi mengapa saya tidaka bisa menulis? Jangan Sama seperti pepatah kuno yang berbunyi “TIKUS MATI KELAPARAN DALAM GUDANG PADI”

Berikut ini adalah rangkuman materi yang disampaikan Bu Kanjeng dengan bantuan moderator yang juga salah satu motivator dan inspirator hebat Ibu Aam Nurhazanah.

Tips Menulis

Langah – langkah yang dapat dilakukan untuk untuk menjadi seorang penulis :

1.      Banyak Membaca. Apa yang kita baca amat menentukan gaya kepenulisan kita.

2.      Mencoba menulis di komputer anda, buku harian anda ataupun di media sosial seperti facebook, dan juga Blog. Semakin banyak kita menulis maka kita semakin mengasah kemampuan kita untuk menulis.

3.      Mengirimkan tulisan ke media cetak atau ke penerbit buku.

4.      Teruslah menulis jika naskah anda ditolak atau sudah pernah diterbitkan, teruslah menulis.

5.      Kembangkan terus kemampuan anda dan perbanyak karya – karya anda.


 

Tips Disiplin Menulis

Pernahkah ketika anda punya ide, kemudian mulai menulis tapi anda selalu menunda menyelesaikan tulisan tersebut. Berikut adalah tipsnya agar disiplin menulis.

a.       Buat kerangka tulisan (outline)

b.      Buat target / dead line

c.       Fokus menyelesaikan tulisan anda

d.      Reward & punishment

e.       Memilih judul yang menarik

f.       Sesuaikan dengan tema tulisan. Sebelum membuat judul yang menarik, buatlah judul tersebut sesuai dengan tema tulisan.

g.      Buat judul dengan kata yang mudah diingat.

h.      Buatlah judul yang membuat orang penasaran untuk membaca isinya.

 

Tips Mencari Ide

Ide adalah hal penting dalam berkarya. Untuk membuat sebuah tulisan membutuhkan ide. Berikut adalah beberapa tips mencari ide :

1.      Bacalah semakin banyak buku

2.      Refresing. Pergi ke tempat – tempat yang belum pernah dikunjungi untuk menyegarkan otak anda dari rutinitas.

3.      Tulis apa yang bisa yang anda tulis jika anda belum mendapatkan ide, cobalah.

4.      Cari referensi dari berbagai media

5.      Anda juga bisa menggunakan cara ATM (amati, tiru, modifikasi)

Menulis adalah suatu keterampilan bukan bakat, karena itu perlu dilatih secara rutin agar semakin terampil. Seperti seorang pesepakbola, apabila tidak rutin berlatih maka sia – sialah usahanya untuk disebut seorang pemain sepak bola yang profesional dan berprestasi.

Mencari ide ternyata merupakan pondasi dalam menulis. Ide – ide itupun ada di sekitar kita. Begitulah ungkapan yang disampaikan Bu Kanjeng dalam Perkuliahan semalam. Maka dari itu, dapat saya simpulkan bahwa jika ingin menjadi penulis maka harus rajin mencari IDE dengan menjalankan tips – tips yang di atas.

Demikian ringkasan saya, semoga berkenan. Terimakasih.  

Mengapa harus mati kelaparan? Walau di sini Gudangya makanan!

Mengapa tidak bisa disebut penulis? Walau disini Gudangnya Penulis?

5 komentar:

  1. Menarik sejak dari judul, pengantar hingga penutup.

    BalasHapus
  2. Bagus pak resumenya, mari terus belajar dan belajar karena menulis bukan bakat tp keterampilan, artinya masih bisa diasah dan diasah, menulislah tiap hari dan tunggulah keajaiban (sepotong mottonya OmJay)

    BalasHapus
  3. menarik pak sekali kisahnya, perpaduan pengalaman kenapa harus menulis dan mulai menulis.

    BalasHapus
  4. Terimakasih komentar2 dan masukannya BPK dan ibu.

    BalasHapus
  5. Mantap Pak sukses selalu buat MGMPnya. Salam Fisika

    BalasHapus

Cantikmu Menjanjikan Siang ganti malam, sabit ganti purnama, Seiring detakan jarum jam, Musimpun ikut berganti, Segenap makluk seakan ...