Jumat, 16 Oktober 2020

SELALU ADA CAHAYA DI BELAKANG SETIAP BAYANG – BAYANG

 

Kalimat di atas dapat ditemukan ketika membaca sebuah buku kecil hasil karya Robert Schuler.  Saat membaca tulisan – tulisan dalam buku itu, saya masih duduk di bangku kuliah. Tetapi masih segar dalam ingatan walau sudah lumayan lama. Apakah Kata dan kalimat bahagia yang dimaksudkan oleh Om Bams malam ini sama seperti itu?

Setelah berkunjung ke rumahnya Om Bams, saya temukan daftar kalimat bahagia siswa – siswinya Om Bams dan akhirnya saya simpulkan bahwa kalimat di atas termasuk kalimat bahagia yang sering kita kenal dengan KATA BIJAK.

Walaupun sang penulis (Robert Schuler) sudah lama tiada, namun tulisan – tulisannya masih dikenang hingga saat ini. Seperti inilah jika kita berhasil disebut seorang penulis. Walau kita sudah tiada, namun karya kita dapat dinikmati sepanjang masa. Itulah motivasi yang dibagikan Om Bams pada malam hari ini kepada saya. Lalu, apakah saya bisa disebut penulis?

Dalam perkuliahan malam ini, Om Bams juga telah memberikan trik merangkai kata hingga menjadi kalimat bahagia sebagai berikut :

1.      Buatlah tabungan kata bahagia bersama dalam keluarga, sahabat, kenalan bahkan peserta didik kita.

2.      Rangkaian kata – kata bahagia akan menjadi sebuah kalimat bahagia.

3.      Tuliskan kalimat bahagia yang dihasilkan pada blog kita agar dapat dinikmati orang lain.

4.      Selalu mencari inspirasi untuk membuat sebuah kalimat bahagia.

5.      Biasakan menulis kalimat bahagia (waktunya fleksibel). Boleh ditulis setiap hari, dua hari sekali, seminggu sekali.

 Pembaca akan tertarik untuk membaca tulisan kita apabila kita sisipkan sebuah kalimat bahagia di dalamnya. Peserta didik kita sekalipun. Apabila dalam bahan ajar kita berupa Modul, LAPD, Video, dll, jika disisipkan kalimat bahagia maka sudah tentu mereka akan bersemangat dalam mempelajarinya. Ini merupakan tantangan baru dalam era pembelajaran sekarang ini, dimana guru dituntut untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik dari jarak jauh.

Terimakasih Mr. Bams atas motivasi yang lagi – lagi saya peroleh malam ini. Terimakasih juga buat Bu Aam yang telah membantu melancarkan perkuliahan malam ini.

 

Salam Literasi

Resume Perkuliahan Online (Jum’at, 15 Oktober 2020)

Materi              : Cara Mengelola Blog

Narasumber     : Bambang Purwanto, S.Kom., Gr (Mr. Bams)

Moderator       : Bu Aam Nurhazanah, S.Pd

 


8 komentar:

  1. Resume yang bagus...walau tak banyak tapi mengena

    BalasHapus
  2. terimakasih bu Ida. maklum...sulit mencari kata2

    BalasHapus
  3. Wah pak kainan semakin baik resumenya...

    BalasHapus
  4. Semangat terus, berlatihlah setiap hari ya. Nanti kalau banyak latihan pasti akan terbiasa. Chayo!!

    BalasHapus
  5. Resume singkat, tetapi padat. Selain materi juga teringkas keinginan penulis untuk terus belajar. Tabik.

    BalasHapus

Cantikmu Menjanjikan Siang ganti malam, sabit ganti purnama, Seiring detakan jarum jam, Musimpun ikut berganti, Segenap makluk seakan ...