Jumat, 27 November 2020

YANG LAMA BIARLAH BERLALU, SESUNGGUHNYA YANG BARU SUDAH DATANG

 Pada pertemuan ke-23 ini, saya mendapatkan cara baru yang sesungguhnya lebih efektif jika dibandingkan dengan cara lama yang sering digunakan. Cara membuat daftar isi, kutipan, indeks dan daftar pustaka otomatis. Woow luar biasa!

Materi ini disampaikan oleh Bapak Yulius Roma Patandean, S.Pd, dengan bantuan Bu Aam Nurhasanah, S.Pd sebagai moderator handal dalam group belajar menulis gelombang ke-16 bersama Om Jay.


Dalam kehidupan kita selalu harus ada perubahan. Termasuk perubahan cara kerja yang sering digunakan. Salah satu contohnya adalah cara bekerja menggunakan microsoft word.

Sebenarnya penggunaan microsoft word ini merupakan sistem operasi komputer yang dianggap paling mudah karena sering digunakan orang dalam belajar menggunakan komputer. Namun tidak semudah yang kita bayangkan. Ternyata selalu ada hal baru yang mencengangkan.

Beruntung sekali kita dipertemukan dengan bapak Roma, sehingga kita dapat mengetahui cara-cara baru dalam membantu pekerjaan kita. Bukan hanya dalam penulisan buku, tetapi dalam penyelesaian berbagai tugas yang diemban.

Kemajuan IPTEK memang harus terus diikuti agar tidak ketinggalan zaman. Kemajuan IPTEK di sini adalah ilmu komputer, karena saya bukan ahli komputer sehingga harus belajar secara otodidak.

Belajar secara otodidak tidak menjamin keberhasilan seseorang. Di samping belajar sendiri, bagi sebagain kita, sangat membutuhkan orang lain untuk bertanya, sewaktu-waktu kita menemui jalan buntu.

Seperti penuturan Pak Roma, beliau memperoleh nilai E untuk ilmu komputer, tetapi sekarang membagikan ilmunya untuk orang lain. Super sekali pak Roma. Belajar secara otodidak ternyata membawa Pak Roma meraih keberhasilan/prestasi luar biasa.

Sebagai bukti keberhasilannya, berikut ini salah satu bukunya yang rapi dan diterbitkan oleh penerbit mayor (penerbit Andi).

 

Karena itu, mari kita beralih ke cara-cara baru, tinggalkan yang lama. Karena sesungguhnya yang baru sudah datang (sudah ada).

Mari kita hasilkan tulisan yang elegan lewat naskah yang rapi. Setiap tulisan yang kita buat memiliki makna dan nilai. Padukanlah tulisan dari kutipan-kutipan dengan ide-ide kita seperti memadukan gula dan kopi disiram air panas. Air panasnya adalah teknik menulis otomatis yang membuat jiwa kita makin memanas menghasilkan karya selanjutnya. (Patandean, 2020)

            Salam Literasi!

2 komentar:

Cantikmu Menjanjikan Siang ganti malam, sabit ganti purnama, Seiring detakan jarum jam, Musimpun ikut berganti, Segenap makluk seakan ...