Minggu, 22 November 2020

BERGERAK, KITA AKAN SAMPAI PADA TUJUAN

Pengertian gerak dalam ilmu Fisika adalah perubahan posisi/kedudukan terhadap titik acuan tertentu. Jika diartikan dalam kehidupan sosial kita, maka perubahan posisi/kedudukan dapat disamaartikan dengan perubahan pola pikir, tingkah laku bahkan dalam pengambilan keputusan.

Apabila seseorang yang ingin dikatan bergerak, maka harus ada perubahan dalam hidupnya. Baik dalam cara berpikir, cara berbicara, tingkah laku maupun cara pengambilan keputusan sekalipun. Apalagi sebagai seorang guru? Setiap saat harus bergerak.

Itulah salah satu konsep yang dapat diambil dalam perkuliahan ke-19, pada kelas Belajar Menulis Online Berama Om Jay. Dipandu moderator hebat (Ibu Aam Nurhasanah), jalannya penyampaian materi yang dibawakan oleh ibu Eva Hariyati Israel, S.Kom, sampai pada sesi diskusi berjalan lancar dan menyenangkan.



Tujuan peserta pelatihan ini adalah menerbitkan sebuah buku. Untuk itu, beliau membagikan tips dan trik bahkan pengalamannya dalam proses penerbitan buku, lebih khusus pada tahap editing, agar kita dapat bergerak dari posisi kita sekarang.



Gambar di atas merupakan hasil Gerak bu Eva, yang membuat beliau semakin bersemangat dalam berkarya serta berbagi ilmu dengan dengan orang lain. Bu Eva ingin agar kita juga bergerak seperti yang telah dilakukannya.

Proses editing dimulai Setelah konsep buku yang kita kirim dinyatakan diterima oleh pihak penerbit. Proses editing ini berlangsung dengan beberapa tahapan sebagai berikut:

  1. Editing Sampul
  2. Editing naskah oleh penerbit, tata kelola urutan dan tulisan disesuaikan dengan konsep dan gaya bahasa kita.
  3. Setelah editing penerbit, naskah proof dikirim kembali ke penulis beserta surat perjanjian penerimaan naskah dan royalty bagi penulis. Sebagai penulis kita diberi kesempatan melihat kembali susunan dan tata bahasa buku kita sebelum dinaikkan ke proses cetak
  4. Setelah editing oleh penulis, naskah kembali dikirim ke penerbit untuk selanjutnya ke proses cetak.

Menurut Bu Eva, Hal menarik lainnya yang didapatkan dari proses menulis ini dan bisa lolos kurasi dan di terbitkan oleh penerbit Mayor adalah bertambah wawasan dan keilmuan tentang publikasi dan teknik menentukan tema penulisan yang sesuai tren zaman.

Agar Buku bisa lolos ke penerbit mayor jika memenuhi beberapa kriteria diantaranya:

  •      Tema buku jika di cari pada google trends menunjukkan grafik yang bagus.
  •          Profil penulis ,semakin terkenal dan kredibel akan sangat baik
  •         Target pasar yang menguntungkan
  •         Ragam tulisan kita sesuai dengan visi misi penerbit

Keuntungan yang kita dapat ketika kita berhasil menulis dan buku yang kita tulis barhasil diterbitkan adalah:

1)      Kepuasan batin.

2)      Integritas ,kredibilitas dan percaya diri semakin baik

3)      Motivasi bertambah

4)      Terbuka peluang-peluang baru untuk menjadi narasumber, motifator menulis dan hal hal positif lainnya

5)      Royalty

Dengan menulis, kita membagikan ilmu yang bermanfaat dan menghasilkan sebuah karya yang akan tidak akan hilang. Yang penting harus konsisten, dan jangan tunda jika semangat untuk menulis/ide muncul seketika.

Hal yang Patut kita syukuri saat ini adalah kita berada dalam komunitas menulis yang memiliki visi dan misi yang sama yaitu mengembangkan diri untuk bisa menulis lebih baik. Namun, dukungan terbaik itu harus datang dari diri sendiri, jika tekat dan niat sudah ada, bergeraklah (mulailah), ini yang paling menggerakkan kita.

Fokus dan yakin, lakukan dengan nyaman dan sepenuh hati jangan lupa doa Kita pasti bisa, ketika kita sudah memulai sesuatu yang baik maka kebaikan-kebaikan lainnya juga akan datang termasuk motifasi dan semangat juga dengan sendirinya hadir.

Jangan izinkan penghalang itu ada buat kita mengembangkan diri. Karna setiap diri memiliki keistimewaan dan potensinya sendiri. Kalau kita  terpengaruh dengan penilaian orang lain kita tidak ada berkembang dengan baik. Ambil yang positif abaikan yang negatif.

Satu kebaikan yang kita bagikan melalui tulisan yakin bahwa akan tumbuh kebaikan kebaikan yang lain. Jangan berhenti hanya karna kritikan, kritikan yang datang jadikanlah sebagai refleksi diri untuk perbaikan. Bahkan, banyak support yang  didapatkan dari lingkungan kita masing-masing.

 

Akhirnya, "Belajar, Berbagi dan berkarya...Mulailah menulis, 

bergerak kita akan sampai pada tujuan"

 

            Salam!

2 komentar:

Cantikmu Menjanjikan Siang ganti malam, sabit ganti purnama, Seiring detakan jarum jam, Musimpun ikut berganti, Segenap makluk seakan ...