Jumat, 20 November 2020

BUKAN SEKEDAR JALAN-JALAN

 

Seringkali seseorang melakukan perjalan jauh untuk berbagai tujuan seperti Tamasya, Kegiatan Dinas, Urusan Keluarga, dan lain sebagainya. Tetapi sangat berbeda dengan Bapak Taufik Hidayat, S.E, S.Si, M.Si. Dosen dan Penulis Buku ini tidak hanya sekedar jalan-jalan atau bertamasya keliling 70 Negara di  5 Benua. Selain menjalankan tugas, beliau membawa dan membagikan hadiah bagi semua orang dari hasil perjalanannya.



Perjalanan beliau mendatangkan Inspirasi dan Motivasi bagi setiap orang  yang ingin berbagi kenikmatan melalui artikel bahkan buku sekalipun. Anggota Group Belajar Menulis Gelombang ke-16, harus bersyukur karena mendapat kesempatan bertemu dengan TAUFIK UIEKS pada malam hari ini walau tidak secara langsung. Dengan dibantu oleh moderator profesional seperti Bu Aam Nurhasanah, S.Pd, maka malam ini terasa semakin sejuk.

Ketika membuka salah satu aplikasi media sosial kita, yang ditemukan adalah foto-foto dengan sedikit tulisan. Sebagain besar menyampaikan keterangan waktu, tempat dan kejadian dalam gambar. Misalnya foto keluarga, teman, pemandangan, hewan bahkan aneka makananpun tidak jarang ditemukan pada postingan medsos.

Menurut bapak TAUFIK UIEKS (nama pena Bapak Taufik Hidayat, S.E, S.Si, M.Si), setiap foto atau gambar yang kita lihat, dapat dijadikan sebuah tulisan. Jika sudah banyak, maka dapat dijadikan buku. Dapat dibayangkan, kuburan (makan) saja dapat dijadikan artikel. Itulah pengalaman yang menghantarkan beliau menjadi sukses dalam dunia tulis menulis. 

Adapun hasil karya Taufik UIEKS yang sudah populer sebagai berikut:

1.                  Mengenbara ke masjid -masjid di pelosok dunia

2.                  1001 Masjid di 5 benua  Mizan 2016

3.                  Jejak langkah menuju Baitullah jilid 1-3. Thn 2020

4.                  Tanasya ke Masa Depan Jikid 1-2

Hal yang harus dilakukan ketika melakukan traveling agar dapat dijadikan artikel adalah:

1.      Mengamati

2.      Membuat foto

3.      Diskusi wawancara

4.      Mencari informasi tambahan

5.      Mencari keunikan

6.      Merangkum dalam tulisan

7.      Bagaikan tulisan kita agar dapat dibaca oleh orang lain

Banyak tips dan trik yang sudah dibagikan agar perjalanan yang kita lakukan bermanfaat, baik untuk diri kita sendiri maupun untuk orang lain. Karena itu, ada ungkapan yang mengatakan “BANYAK BERJALAN, BANYAK YANG DILIHAT, BANYAK MENDENGAR, BANYAK YANG DIKETAHUI”

 

SALAM,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cantikmu Menjanjikan Siang ganti malam, sabit ganti purnama, Seiring detakan jarum jam, Musimpun ikut berganti, Segenap makluk seakan ...