Kamis, 26 November 2020

KATA LAIN KEGAGALAN ADALAH SUKSES YANG TERTUNDA

 Kegagalan merupakan suatu kejadian yang tidak disukai semua orang. Setiap orang tidak ingin gagal dalam usahanya, kesuksesan adalah harapannya. Termasuk usaha mencapai sebuah cita-cita atau keinginan.

Kegagalan membawa efek yang tidak sama pada semua orang yang pernah merasakannya. Ada yang pasrah dengan hasil yang dicapai, tetapi ada juga yang menganggap kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Kemudian bangkit dan terus berusaha mewujudkan impiannya.

Pertemuan ke-20, pada group belajar menulis gelombang ke-16, menghadirkan seorang narasumber yang sering mengalami kegagalan. Beliau adalah bapak Sigit Suryono, S.Pd, M.Pd dan ditemani oleh Ibu Aam Nurhasanah, S.Pd sebagai moderator.



Perolehan peringkat kelas semasa Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas menjadi bukti kegagalan bapak Sigit. Ketika melanjutkan ke Perguruan Tinggipun demikian. Hal ini dapat dibuktikan dengan IPK yang pernah diperoleh sebesar 1,28 (hampir DO)

Ketika melanjutkan pendidikannya ke S-2 inilah akhir balik prestasinya. Menyelesaikan program Magister dalam kurun waktu 33 bulan dengan IPK 3,8 serta hasil cumlaude yang merubah cara pikir dan cara pandang bapak Sigit.

Kegagalanpun berlanjut ketika terjun dalam dunia kerja. Dengan mengabdi diri di SMP N 1 Wonosari, Gunungkidul, DIY adalah saksi kegagalan berikutnya. Berulang kali mengikuti kegiatan perlombaan di berbagai tingkatan tetapi hasilnya selalu gagal. Tetapi bapak Sigit tidak patah arang. Selalu bangkit dan berusaha mewujudkan impiannya.

Saat mengajar inilah pengalaman beliau bertambah dengan sering melakukan kolaborasi dengan siswa untuk melakukan riset tentang pembuatan media maupun berbagai model pembelajaran.

Keuletan pak Sigit dalam menggapai mimpi ini dibuktikan dengan menjadi Ketua MGMP IPA SMP Kabupaten Gunung Kidul dan Duta Rumah Belajar Kemdikbud. Berikut beberapa prestasi pak Sigit:

 



Kunci keberhasilan pak Sigit adalah:

1.      Fokus,

2.      Senang meneliti,

3.      Mencatat semua aktifitas ilmiah di Blog

 

Lalu Bagaimana dengan kita?

 

" Orang akan sukses jika dia fokus dan senang dengan apa yang dikerjakannya"

"Orang akan sukses jika bisa fokus pada bidang yang dia bisa, ditekuni dan dilakukan inovasi secara terus menerus...."

(Sigit Suryono, S.Pd, M.Pd)

“Setiap orang sukses, pasti mengalami kegagalan”

(Kainan Punuf, S.Pd)

1 komentar:

  1. Resume yg singkat namun padat..
    Wah dah goal 20 yah? Ayo edit2 buat terbitkan buku...

    BalasHapus

Cantikmu Menjanjikan Siang ganti malam, sabit ganti purnama, Seiring detakan jarum jam, Musimpun ikut berganti, Segenap makluk seakan ...